< !-- Custom Header code here... --> Tanjung Ringgit, Pesona Tebing Paling Indah Yang Ada Di Pulau Lombok - WisataLombok.co

Tanjung Ringgit, Pesona Tebing Paling Indah Yang Ada Di Pulau Lombok

Tanjung Ringgit Lombok

Pergi berpetualang menjelajahi destinasi wisata di Lombok yang masih alami dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, adalah hal yang sangat menarik.Jika anda adalah orang yang menyukai keindahan dan ketenangan, maka pergi berlibur ke Pulau Lombok adalah pilihan yang tepat.Hal ini dikarenakan, Pulau Lombok memang memiliki segudang destinasi wisata indah dan masih sangat alami.

Dari sekian banyak destinasi wisata lombok yang memiliki panorama indah dan kealamiannya masih sangat terjaga,salah satunya adalah Tanjung Ringgit. Tanjung Ringgit akan memberikan keindahan yang tidak ada duanya, ketenangan yang menjanjikan, dan kealamiaan yang sangat terjaga.

Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai Destinasi Wisata Tanjung Ringgit.

Lokasi

Tanjung Ringgit terletak di Desa Pemongkong, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur. Untuk bisa sampai ke lokasi ini, anda harus menggunakan kendaraan pribadi ataupun menyewa kendaraan di Kota Mataram. Bisa menggunakan mobil ataupun motor, akan tetapi lebih disarankan menggunakan sepeda motor saja. Mengingat medan jalan yang cukup sulit. Fasilitas transportasi umum yang menuju ke lokasi ini juga belum tersedia.

Rute Perjalanan

Rute perjalanan menuju ke Tanjung Ringgit dimulai dari kota Mataram>Praya>Jerowaru. Di kawasan Praya>Jerowaru nantinya anda akan melalui 2 pom bensin yang ada di sebelah kanan.Nah, 100 meter sesudah Pom Bensin yang nomor dua, ada Pertigaan Jerowaru. Anda belok saja ke kanan, kemudian ikuti jalur tersebut hingga sampai di Pasar Jor Jerowaru. Di situ beloklah ke arah kanan, hingga bertemu pertigaan kembali. Terus belok ke arah kiri, danikuti jalurnya sampai menemukan pertigaan yang menjadi pemisah antara Pantai Surga dan Tanjung Ringgit. Anda pilih yang lurus saja, sebab jika ke kanan adalah arah ke Pantai Surga.

Nantinya anda akan bertemu lagi sebuah pertigaan. Jika lurus maka akan sampai di Pantai Kaliantan. Nah kita harus memilih belok kiri yang arahnya keluar dari aspal.Dari sini jalan mulai rusak, ada juga kubangan air yang besar di tengah jalan. Anda tinggal mengikuti jalan tersebut hingga habis. Jika ada pertigaan tetap saja lurus.

Setidaknya sejauh 15 Kilo Meter kita dihadapkan jalan yang rusak seperti ini. Sangat disarankan supaya tidak menggunakan mobil sedan karena tidak akan mampu tiba di lokasi. Sebaiknya menggunakan motor saja. Jika anda sudah melihat ada Mercusuar, maka kita sudah sampai di Tanung Ringgit.

Baca Juga : Pantai Ekas, Sejengkal Keindahan Yang Masih Terpendam Di Lombok Timur

Keindahan Tanjung Ringgit

Setibanya di ujung Tanjung Ringgit, maka anda akan takjub dan merasa sangat heran.Dari tebing-tebing cadas ini anda bisa melihat pemandangan yang sangat luar biasa. Disana akan terlihat bagaimana deburan ombak besar yang mengantam dinding cadas dengan sangat kerasnya. Pemandangan yang tidak bisa dilewatkan.

Di Tanjung Ringgit anda juga bisa melihat betapa indahnya Pulau Sumbawa dan Kemegahan Gunung Rinjani. Semua pemandangan yang ditawarkan seolah-olah menjadi obat penawar dari kelelahan kita menuju kelokasi.

Di Tanjung Ringgit anda juga bisa menemukan sebuah sumur kecil buatan manusia. Sumur ini menurut para pengembala kerbau memiliki air tawar. Hal ini sangatlah unik, mengingat letaknya yang dekat dengan air laut.

Tidak hanya memiliki panorama alam yang indah. Akan tetapi Tanjung Ringgit juga memiliki sejarah.Di sini ada sebuah Meriam peninggalan Jepang. Letaknya berada di pinggir jalur wisatawan. Yaitu jalur yang terbentuk akibat kendaraan lewat. Tepatnya di tengah-tengah Tanjung Ringgit dan ada di balik semak-semak. Meriam ini masih terlihat sangat kokoh menghadap ke laut. Sayangnya, sudah penuh dengan coretan tangan jahil.

Ternyata di ujung Tanjung Ringgit juga ada sebuah Gua Besar. Untuk bisa sampai kesini, anda tinggal mengikuti jalur yang sudah terbentuk hingga ujung.Letaknya juga dibalik semak, namun jauh dari meriam. Pintu dari goanya berada di atas, bukan berada di bawah pantai. Yaitu dekat bibir tebing.